Selasa, 15 Oktober 2013

PONDOK PESANTREN AL-MUKHLISHIN ANTIBAR


P
TUAN GURU ZAKARIA, MS. S.HI
ondok Pesantren Al-Mukhlishin berdiri pada tahun 2006 dengan nomor Surat Keputusan Kd.14.02/4/PP.007/222/2006 Tentang Pemberian persetujuan pendirian pondok Pesantren dilingkungan Departemen Agama Kabupaten Pontianak, tanggal 27 Februari. Pondok Pesantren Al-Mukhlishin dipimpin oleh Ust. Zakaria MS, S.HI beliau adalah seorang pendakwah sekaligus seseorang yang memilki jiwa pebisnis, dalam kepemimpinan beliau dimulai dari tahun 2005-sekarang Pondok Pesantren Al-Mukhlishin telah banyak mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dari segi bangunan, santri serta personil, pondok pesantren al-Mukhlishin memiliki ciri khas salafi moderen dengan memadukan ilmu-ilmu agama dengan umum, Selain itu pondok pesantren Al-Mukhlishin telah dijadikan sebagai salah satu pusat kajian oleh praktisi pendidikan Dr. Lailial Muhtifah, M.Pd dengan judul MODEL MANAJEMEN MUTU PONDOK PESANTREN MELAYU “AL-MUKHLISHIN” DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SANTRI DI MEMPAWAH KALIMANTAN BARAT, serta  dan juga tempat melakukan kegiatan oleh mahasiswa-mahahsiswa yang berasal dari kampus negeri maupun swasta diantaranya Universitas Muhammadiyah Pontianak, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pontianak.
     VISI:  Membentuk generasi Islam yang berwawasan religius dan kebangsaan menuju masyarakat madani.
   MISI, yaitu: 1) terwujudnya generasi Islam yang berilmu, berakhlak dan berwawasan kebangsaan, 2) terwujudnya generasi Islam yang Qur’ani, kreatif dan berdikari, dan 3) terwujudnya generasi Islam yang unggul dan berprestasi.
   TUJUAN BERDIRINYA, yakni: 1) Meningkatkan kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara; 2) menyukseskan program pemerintah wajib belajar 9 tahun; 3) menyelenggarakan program dakwah Islamiyah dengan konsep menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan ummat, 4) mencetak generasi muda yang berwibawa, berilmu, berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan; dan 5) mencetak generasi yang terampil dan memiliki keterampilan.
“Motto”

Kreatif, Tertib, Sopan, Panutan (KTSP)

     Sistem pendidikannya adalah mengintegrasikan sistem pendidikan formal sesuai kurikulum pemerintah (MI, MTS, dan MA) dan sistem pendidikan diniyah non formal melalui pengajian kitab kuning yang bertingkat (Ula, Wustho, dan Ulya). Pendidikan yang tersedia dan berkoordinasi dengan Kementerian Agama yaitu Madrasah Ibitidaiyah Swasta Al-Mukhlishin, Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Mukhlishin, Madrasah Aliyah Swasta Al-Mukhlishin dan juga Pendidikan Diniyah Non-Formal (Madrasah Diniyah/Madrasah Takmiliyah), Pengajian Kitab Salafiyah dengan metode Sorogan.

SUSUNAN PENGURUS

 PIMPINAN PONDOK
Ust. Zakaria MS, S.HI
Wakil Pimpinan Pondok
Ahmad Muzayyin, S.Pd.I
Sekretaris
Muhammad Nur Alip Muttaqin
Wakil Sekretaris
M. Lufi Ardani
Bendahara
Riza Ilhamsah, SIP
Ketua Bidang Pelatihan dan Kewirausahaan
Dg. Firmansyah
Ketua Bidang Pendidikan
Mulyadi, S.Ag
Bagian Pendidikan Formal
Burhan Hasan
Bagian Pesantren
Muhammad Makruf, S.TH.I
Bagian Pendidikan Non Formal
Rawin Dauzan
Bagian Perpustakaan
Munasyarah
Ketua Bidang Olahraga Seni dan Budaya
Usman Husein
Ketua Bidang Kepesantrenan
Firmansyah, S.HI, M.Pd.I
Bagian Keamanan dan Ketertiban
Ahmad Yani
Bagian Asrama
Supiandi, S.Pd.I
Bagian Kesehatan dan Kebersihan
Siti Aisyah, S.Pd
Bagian Urusan Rumah Tangga
Maryati


AL-MUKHLISHIN TAMPAK DARI DEPAN
AL-MUKHLISHIN TAMPAK DARI BELAKANG
     STAF PERSONIL dan PENGAJAR terdiri dari: 1) Ust. Zakaria. MS, S.HI (Pondok Salafiyah+S1 STIS Pontianak), 2) Ust. Mulyadi Afwani, S.Ag (Pondok Modern Wali Songo Ngabar Ponorogo Ja-Tim & S1 UIN Jogja, dan Sedang melanjutkan S2 di STAIN PONTIANAK), 3) Firmansyah, S. HI, M. Pd.I (Pondok Dalwa, S1 STAI Dalwa Bangil & S2 IAIN Sunan Ampel Surabaya), 4) Ust. Burhan (Pondok Modern Wali Songo Ngabar Ponorogo Jawa Timur), 5) Ust. Supiandi, S. Pd.I (alumni Pondok Dalwa Bangil dan S1 STAI Dalwa Ja-Tim), 6) Ust. Muzayyin, S. Pd.I (Pondok Dalwa Bangil dan S1 STAI Dalwa Ja-Tim), 7) Ust. Ahmad Yani (alumni PGA+Pondok Salafiyah, Sedang melanjutkan S1 di UNDAR), 8) Ust. M. Alif (pondok modern Assakinah Jawa Barat, Sedang melanjutkan S1 PGSD UT), 9) Ust. Rawin Dauzen (pondok modern Assakinah Jawa Barat, Sedang melanjutkan S1 PGSD UT), 10. Ust. Ahmad Syafii (Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Sarang Jateng, Sedang melanjutkan S1 di Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah (STAIM) jurusan Tarbiyah) 11. Ust. Munadi Saputra (Alumni pertama Pondok Pesantren Al-Mukhlishin dan sekarang lagi melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah (STAIM) jurusan Tarbiyah), 12. Ust. Muhmmad Makruf, S.Th.I (Pondok Modern Wali Songo Ngabar Ponorogo Ja-Tim & S1 Tafsir Hadits UIN Jogjakarta), 13.  Ustad. Usman Husin, 14. Ustadzah Siti Aisyah, S.Pd. (Alumni Universitas Tanjung Pura dan Aktivis Rohis penggiat dakwah dikalangan pelajar). Firmansyah (SMU Muhammadiyah 6 Makassar Kepala Tata Usaha/Ustadz, sedang melanjutkan S1 di Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah), M. Lufi Ardani, (Staf Tata Usaha, Madrasah Aliyah Al-Mukhlishin, Sedang melanjutkan S1 PDGSD UT), Fathul Iman (Staf Tata Usaha, STM Muhammadiyah Mempawah, Sedang melanjutkan S1 PDGSD UT).

DATA PERSONIL PONDOK PESANTREN
TAHUN
PERSONAL
Lk
Pr
Jumlah
2013
Kyai/Nyai
1
-
1
Badal Kyai
1
-
1
Ustadz
13
4
17
Petugas Perpustakaan
-
2
2
Administrasi (TU)
3
1
4
Personel Lainnya
1
3
4
TOTAL
19
9
29

KURIKULUM PEMBALAJARAN, Ponpes melakukan pengadaan kitab kuning terkait dengan mata pelajaran al-Qur’an, Hadits, Tauhid, Fiqih, Akhlak, SKI dan Bahasa Arab. Al-Quran dengan kitabnya Tafsir Jalalain, hadits dengan kitabnya “Arba’in Nawawi dan Lubaabu al-Hadits”, tauhid dengan kitabnya “Duruusu al-Tauhid dan Jawahiru al-Kalaamiyyah,” akhlak dengan kitabnya Akhlaq Lilbaniin, Fiqih dengan kitabnya “Durus al-Fiqhiyyah dan Fathhul Qarib”, SKI dengan kitabnya “Khulashou nuru al-Yaqiin”, dan bahasa arab dengan kitabnya “Jurmiyah.

PENGEMBANGAN DIRI diberikan kepada para santri melalui: 1) latihan pidato bahasa Arab dan bahasa Inggris dan Indonesia serta latihan khatib: 2) Pembinaan bacaan shalawat, qari’ dan qari’ah, 3) nasyid  qosidah, dan kaligrafi dan lain-lain, 4)  pramuka; 5) agro industri; 6) olah raga dan bahasa Arab; 7) kursus komputer; 8) kursus bahasa Inggris, 9). Komunitas Pecinta Alam (KOMPAK), 10). Pengembangan seni budaya.11. Tahfizul Qur’an.

KEGIATAN EKONOMI, Berupa mendirikan BUMA (Badan Usaha Milik Al-Muklishin) berupa koperasi, percetakan undangan, pertanian.

PRESTASI, juara umum MTQ tingkat Desa, tingkat Kecamatan, dan tingkat Kabupaten, 4) juara II pidato tingkat Nasional pada tahun 2011, 5) juara harapan untuk Putra lomba bidang olah raga cabang atletik (lari 400 m) di tingkat Nasional tahun 2011, dan 6) lolos seleksi 7 cabang Pospenas tingkat Propinsi dan mengikuti Pospenas tingkat Nasional yaitu ke Surabaya pada tahun 2010, walaupun tidak memperoleh juara, 2012 mengikut sertakan pada acara Pospenas di Gorontalo.

ASET YANG DIMILIKI
Sejak beroperasional di Tahun 2005 Pondok Pesantren Al-Mukhlishin yang hanya memiliki 2 bangunan lokal (Satu Ruang belajar dan satu ruang kantor) serta 1 asrama yang disekat untuk santri putra dan putri, dalam perjalanannya alhamdulillah kami tidak sendiri dalam artian banyak bantunan yang mengalir di Pondok Pesantren Al-Mukhlishin baik dari Pemerintah Pusat, Daerah maupun Dermawan-Dermawan sehingga hingga sekarang asset yang miliki yaitu :

URAIAN
Tahun
2005
2013
TANAH
Pemerintah


Beli Sendiri

13630,8
Wakaf/Sumbangan/Hibah
4097,2

TOTAL
17.728
SARANA DAN PRASARANA
Asrama Putra
1
13
Asrama Putri
1
8
Rumah Ustadz
1
8
Ruang Pimpinan/Kyai
1
1
Ruang Ustadz
-
1
Ruang Kantor
1
1
Masjid/Surau
1
1
Ruang Belajar
1
22
Perpustakaan
-
1
Aula
-
-
Ruang Keterampilan
-
-
Klinik
-
-
Koperasi
-
-
Dapur
1
1
Ruang Kegiatan Santri
-
-
WC Guru
1
2
WC Siswa
1
5
Meja Santri
18
642
Kursi Santri
18
642
Lemari Pakaian
10
523
Meja Pengajar
1
22
Kursi Pengajar
1
22
Tempat Tidur/Tilam
2
523
Papan Tulis
1
22
KONDISI SARANA ADMINISTRASI
Mesin Tik
-
1
Komputer
1
12
Pengeras Suara
1
3
Jaringan Internet
-
-
Fotocopy
-

Faksimil
-
-
Kursi dan Meja
3
15
Infocus
-
3
OLAHRAGA DAN SENI
Bola Volley
1
2
Bola Basket
-
-
Bola Sepak
-
1
Badminton
-
1
Tenis Meja
-
2
Drum
-
-
Senam
-
-
Musik
-
5
SARANA LAINNYA
Sumur
-
2
Sumur Bor
-
1
Sungai/parit
1
1
Mata Air
-
-
Penerangan PLN
1
1




GRAFIK SANTRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar