Senin, 14 Oktober 2013

PROFIL LEMBAGA


A.  SEJARAH BERDIRINYA AL-MUKHLISHIN

A
H.MAHMUD ABU BAKAR (KETUA LEMBAGA)
l-Mukhlishin beralamat di jalan Djohansyah Bakri Rt.19 Rw.06 Desa Antibar Kecamatan Mempawah Timur Kabupaten Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, berdirinya Al-Mukhlishin sebagai sebuah lembaga pelayanan masyarakat yang bergerak dalam bidang pelayanan pendidikan, sosial, budaya dan ekonomi tak terlepas dari sejarah awal perjalanan masyarakat desa antibar yang memilki cita-cita untuk memperbaiki keadaan melalui dunia pendidikan, terlihat dari banyaknya halaqah-halaqah ilmu (pengajian-pengajian) yang berkembang, baik diadakan di Mesjid, surau maupun dari rumah ke rumah yang dibimbing oleh para mubaligh/mubalighah yang berasal dari desa Antibar maupun dari luar desa Antibar seperti Ust. Bahrun Hasan (Alumni Pondok Banjar), Ibrahim Idris, Muhammad Ali, M. Ali Ahmad tak hanya itu banyak juga tempat-tempat belajar mengaji (sekarang TPA) tersebar di rumah-rumah warga sebagai wadah pembinaan generasi muda terutama dalam pengenalan terhadap agama. Dengan begitu pesatnya perkembangan pendidikan agama pada waktu itu desa Antibar dalam berbagai even keagamaan telah menoreh prestasi yang cukup banyak, even yang sering diikuti yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) mulai dari tingkatan Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi yang diikuti oleh H. Yuswardi, Hj. Nurasmah, Juriah binti Taha, Bahtiar, Ellimardiana, Karmilawati, Rukiyah binti Ibrahim, Hj. Rumiyati, Asniah, Rughayah binti Muhammad dll yang tak dapat disebutkan satu persatu. Tercatatlah dalam sejarah pada tahun 1957 telah disepakati oleh beberapa pemuka masyarakat Antibar untuk mendirikan Madrasah (Sekolah yang bercirikan Islam) dengan membentuk panitia pelaksana yang pada waktu itu diketuai oleh Bahrun Hasan sebagai ketua dan Ismutiar sebagai penulis (sekretaris) dengan nama madrasah yaitu Madrasah Islamiyah, dan pada tahun yang sama pula
MESJID AL-MUKHLISHIN
Mesjid Al-Mukhlishin dibangun sebagai salah satu upaya untuk pelayanan masyarakat dalam beribadah juga mendalami pelajaran agama, gayung bersambut panitia pelaksana mendapatkan sumbangan tanah wakaf seluas 97,2 m2 berasal dari H. Mohammad Jasin bin H. Ahmad dan pada tahun 1968 barulah dibuatkan surat penyerahan wakaf kepada panitia pelaksana pembangunan madrasah, tahap awal dari panitia pelaksana dalam pembangunan madrasah Islamiyah yaitu membuat bangsal untuk penyimpanan bahan bangunan yang berasal dari sumbangan masyarakat yang terbuat dari buloh, pada waktu itu disekitar Antibar terdapat banyak pohon buloh. Akan tetapi dalam perjalanan panitia pelaksana mengalami stagnan (kemandekan) untuk meneruskan pembangunan Madrasah Islamiyah. Sehingga lokasi bangsal yang terbuat dari buloh tersebut hidup dan menjadi hutan bambu ditanah wakaf tersebut.
    Berselang 13 tahun dari tidak aktifnya panitia pelaksana dalam pembangunan Madrasah Islamiyah maka pada Tahun 1980 dilakukan penyegaran kepanitian dengan membentuk pengurus Yayasan Al-Mukhlishin Ketua. H. Mubasirin Nur (alm), A.Karim Datma, Ismutiar Imran, anggota, Yuswardi Husin, M. Ali Ahmad (alm), Imran Idris, Dg.Taha (alm), Ibrahim Taha, Ibrahim Idris, Husin Sani (alm), nama Yayasan Al-Mukhlishin diambil karena dilekatkan dengan nama Mesjid Al-Mukhlishin yang telah berdiri pada waktu itu, di tahun 1983 lokasi mesjid Al-Mukhlishin dipindahkan yang awalnya berada didepan dekat jalan
Lokasi Pendidikan Al-Mukhlishin
raya lalu digeser kebelakang dengan panitia pembangunan diketuai oleh Husin Sani dan Ketua Mesjid  M. Ali Ahmad dari bantuan Dewan Dakwah Islam oleh H. Ramlan Marjonet, setelah penyegaran kepengurusan yang ke dua maka hal sama terjadi yaitu stagnan dari pergerakan pengurus Yayasan Al-Mukhlishin. Maka pada tahun 2000, dengan diprakarsai oleh H. Yuswardi Husin diadakanlah rapat untuk melanjutkan pembangunan Madrasah dengan peserta rapat Zulkifli Hasan, Umar Bahar, Sedek Mukti dan Syamsudin Ahmad. Dalam rapat ini diambilah beberapa keputusan yaitu (Pertama) melakukan kegiatan pengajaran terhadapanak-anak dikampung Antibar dengan membentuk Madin (Madrasah Diniyah) Ust. Zulkifli Hasan (ketua Madin) Ust.Sehad, Ust. Mu’in sebagai dewan pengajar, kegiatan pembealajaran pada waktu itu di pusatkan diserambi Mesjid Al-Mukhlishin, (Kedua) melalukan gotong royong pembersihan lahan tanah wakaf, akan tetapi dalam perjalanannya pihak akhli waris komplen terhadap tanah wakaf tersebut untuk dijadikan madrasah, dengan melakukan pendekatan dan musyawarah terhadap ahli waris maka permasalahan tersebut dapat terselesaikan dengan baik, (ketiga) mengangkat H. Mahmud Abu Bakar sebagai ketua Yayasan Al-Mukkhlishin. Tahun 2001 dibuatlah tempat kediaman guru yang terletak di samping mesjid Al-Mukhlishin dan tahun 2003 barulah terbangun gedung Madrasah Diniyah yang terletak di tanah wakaf H. Mohammad Jasin bin H. Ahmad dari hasil sumbangan dan gotong royong para warga[i].
LOKASI ASRAMA PUTRA
LOKASI ASRAMA PUTRI
MUSHOLLA
    Dari gambaran diataslah yang menjadi titik awal terbentuknya Lembaga Pendidikan Islam Al-Mukhlishin, pada tahun 2004 Madrasah Diniyah mendapatkan izin oleh Kementerian Agama (DEPAG) Kabupaten Pontianak dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Departeman Agama Kab. Pontianak Nomor : Kd-14.02/4/pp.007/341/24 Tentang Pemberian persetujuan pendirian Madrasah Diniyah luar Pontren dilingkungan Departeman Agama Kabupaten Pontianak. dengan nomor statistik 412610211010 ditandatangani oleh Drs.H.M.Basri Har sebagai Kepala Depag Kab. Pontianak, dan Kepala Madin Al-Mukhlishin pada waktu dipimpin Zulkifli Hasan dan Alhdamdulillah dalam perjalanan Madin Awaliyah Al-Mukhlishin bertempat di Mesjid Al-Mukhlishin mengalami perkembang, berbondong-bondong warga disekitar memasukkan anaknya di Madin Awaliyah Al-Mukhlishin untuk mendapatkan pendidikan agama,  melihat kondisi  Madin Awaliyah Al-Mukhlishin mendapat respon positif dari warga Antibar maka terpikirlah untuk membuat badan hukum Lembaga Penidikan Islam Al-Mukhlishin. Pada Tahun 2005 Lembaga Pendidikan Islam Al-Mukhlishin di aktenotariskan di Notaris Muda Mahendrawan,SH dengan nomor 19 tanggal 26 Juli 2005 oleh Supardi A. Kadir, S.Pd, Mahmud Abu Bakar, Zulkifili Yusuf, Lutfimanfaluqi, Riza Ilhamsah. Setelah itu berlanjutlah pendirian Pondok Pesantren dengan Surat Keputusan dari Departemen Agama Kab.Pontianak Nomor : Kd.14.02/4/PP.007/222/2006,Madrasah Tsanawiyah Swasta dengan surat keputusan dari Departemen Agama Provinsi Kalimantan Barat dengan Nomor: Kw.14.4/4/PP.00.5/0309/2005 tanggal, 5-10-2005. Panti Asuhan oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Kab.Pontianak dengan Nomor : 66.2/252/Sosnakertransi-B, tanggal : 17 Februari 2006. Madrasah Ibtidaiyah Swasta dengan Surat Keputusan Departemen Agama Kabupaten Pontianak, Nomor : Kd.14.02/5/PP.005/521/2008, tanggal 17 Juni 2008, Madrasah Aliyah Swasta yang telah berdiri pada tahun 2008 akan tetapi mendapatkan ijin operasional pada tahun 2009 oleh Departemen Agama Kantor Wilayah Provinsi Kalimantan Barat Nomor : 365 Tahun 2009, tanggal 26 Mei.
LOKASI MIS/SD AL-MUKHLISHIN
B.  VISI
Sebagai pusat pergerakan Islam dalam pembinaan generasi muda untuk terciptanya masyarakat madani.

    C.  MISI
  • Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran bidang Ilmu Keislaman untuk menghasilkan generasi yang profesional dan berakhlakul karimah.
  • Melaksankan pelayanan terhadap masyarakat baik dalam bidang pendidikan, sosial dan ekonomi.
  • Mengembangkan budaya membaca dan kajian keilmuan
  • Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan sumber daya manusia.
    Lokasi MTS/SMP AL-MUKHLISHIN
     
D.  MAKSUD & TUJUAN
  • Menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam dalam bidang Pendidikan, Sosial budaya dan kemasyarakatan.
  • Sebagai pusat pendidikan dan pengajaran serta kegiatan ilmu-ilmu Islam.
  • Memberikan pendidikan dini kepada siswa-siswi agar mampu menulis dan mebaca, dan baik mahasiswa/i di bidang ilmu pengetahuan umum maupun agama Islam.
  • Meberdayakan potensi siswa-siswi agar bisa memahami tentang pelajaran agama Islam.
  • Mencetak manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa, berilmu pengetahuan, berakhlakul karimah, dan memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.
  • Mempersiapkan dan mebina generasi yang akan datang dibidang agama Islam, sehingga tercipta generasi yang intelektual, beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah.
  • Meningkatkan pengkajian dibidang Agama Islam
  • Membina para keluarga mualaf dalam mendalami ajaran-ajaran agama Islam.
  • Memberikan bantuan kepada yatim piatu, mualaf dan fakir miskin, baik dalam kehidupan maupun dalam pendidikannya.
  • Membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan sosial, budaya dan kemasyarakatan, khususnya umat Islam, melalui bidang pendidikan umum dan keagamaan, pemberdayaan ekonomi umat, dan kesehatan, serta bidang-bidang lain yang bersifat sosial.
    LOKASI MA/SMA Al-MUKHLISHIN

E.  MOTTO
Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”
(Qs.Muhammad:7)
F.   USAHA
  •  Mendirikan dan mengelola Pendidikan Islam dari Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi.
  • Membangun tempat ibadah
  • Mendirikan Panti Asuhan
  • Mengusahakan bantuan bagi anak yatim piatu dan fakir miskin
  • Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sosila untuk kesejahteraan masyarakat.

G.  SUSUNAN PENGURUS
Periode 2005-2010
I. Penasehat                           :
-      Drs. H. Ria Norsan, MM,MH
-      Ibrahim Taha
-      H. Syur’i Hamzah
-      H.A.Wahab
-      A. Karim Datma
II. Dewan Pembina                   :
Ketua
Supardi A.Kadir, S.Pd
                               Anggota                                
1. Aryadi M. Noh
2. Mawaludin Yahya
3. Ikhwanto
4. Yuswardi Husin
III. Badan Pengurus
                                 Ketua                                    
H. Mahmud Abu Bakar
                           
                            Wakil Ketua                            
Zulkifli Yusuf
Sekretaris
Firdaus
Wakil Sekretaris
Lutfiman Faluqi
Bendahara
Riza Ilahmsah
Wakil Bendahara
Umar Bahar
Bidang-Bidang
Sarana dan Prasarana
Ketua 
Sudirman Ayyub
     Anggota
     Ermansyah
Pengembangan Usaha dan Dana      
Ketua
Darmadi
Anggota
Hatmun
 Humas dan Kerjasama 
Ketua
Pusamad
     Anggota
                      Sedek Mukti                


Dalam perjalanan kepengurusan Lembaga Pendidikan Islam Al-Mukhlishin ada beberapa pengurus yang meninggal dunia menghadap Ilahi rabbi semoga amal baik beliau dibalas oleh Allah SWT dengan ganjaran yang setimpal, yaitu Abdul Karim Datma, H. Ibrahim Taha, H. Wahab, H. Sudirman Ayyub.
H.   SUSUNAN PENGURUS
Periode 2010-2015
Dari hasil Musyawarah Besar (MUBES) Lembaga Pendidikan Islam Al-Mukhlishin pada tahun 2010 yang berisikan agenda aksi berupa pemilihan dan penyusunan pengurus baru serta perubahan AD & ART, maka struktur organisasi mengalami perubahan dengan menyesuaikan keadaan dan kondisi kebutuhan masyarakat dan sub-sub lembaga dibawah naungan Lembaga Pendidikan Islam Al-Mukhlishin.
I. Penasehat                           :
-      Drs. H. Ria Norsan, MM,MH
-      H. Syur’i Hamzah
II. Dewan Pembina                  
Ketua                                    
Supardi A.Kadir, S.Pd
Anggota                                
1. Aryadi M. Noh
2. Mawaludin Yahya
3. Ikhwanto
4. Yuswardi Husin
III. Badan Pengurus
Ketua                                    
H. Mahmud Abu Bakar
Wakil Ketua
Zulkifli Yusuf
Sekretaris
Firdaus
Wakil Sekretaris 1
Lutfi Manfaluqi
Wakil Sekretaris 2
Firmansyah
Bendahara
Riza Ilahmsah,SP

Bidang-Bidang
Bidang Seni Budaya & Olahraga   
Ketua
UMAR BAHAR
Anggota 
1. Usman Husein
2. M. Lufi Ardani
Bidang Pelatihan & Kewirausahaan 
Ketua
DARMADI
Anggota
1. Hatmun
2. Jauhari
Bidang Sarana & Prasarana
Ketua
BURHANNUDIN
Anggota 
1. Ermansyah
2. Arifin Busri
Bidang Lingkungan Hidup
SYAMSURIA, SP
Anggota
1. Sedek Mukti
2. Pusamad
Bidang Perempuan
Ketua
HUSNAWATI, S.Pd. SD
Anggota   
1. Jauhriyah
2. Hj. Nur Asma
Bidang Pendidikan & Sosial
Ketua
MUZAYYIN, S.Pd.I
Anggota
1. Muhammad Makruf, S.Th.I
2. Dzilliliman, S.Kom.I

I.     ASET AL-MUKHLISHIN
Aset awal yang dimiliki oleh Lembaga Pendidikan Islam Al-Mukhlishin berupa tanah wakaf seluas 97,2 M3 yang diwakafkan oleh H. Mohammad Jasin bin H. Ahmad pada tahun 1968 wakaf pardi 4153 Meter, 4000, 158 m, 6320 m3 dibeli tahun 2007, 3000 meter dibeli tahun 2009, Asset yang dimilki berupa tanah sampai sekarang 17.728 M3. Sedangkan bangunan dari tahun 2005-2013 sebanyak kelas (ruang belajar) 22 unit, Kantor 4 unit, Perpustakaan 1 Unit, Lab.IPA 1 unit, Rumah guru 7 Unit, Sanggar Kerja 1 Unit, Asrama 17 Unit, Musholla 1 Unit, Wc+Mck 35 Unit, Lapangan Olahraga 4 unit, Dapur 1 unit, dll, akan dirincikan sesuai dengan bidang satuan kerjas masing-masing.


[i] Wawancara dengan H.Yuswardi Husin

1 komentar:

  1. mau kirim sumbangan uang ....bisa di transfer ke mana ya pak ? thanks

    BalasHapus